Asuransi Mobil Rental, Seberapa Penting Keberadaannya?

Usaha sewa mobil sangat menguntungkan, namun usaha ini sangat berisiko karena kemungkinan mobil rusak sangat besar. Asuransi mobil rental perlu Anda pikirkan lagi untuk memilikinya. Pilih jenis asuransi yang menanggung risiko kerusakan bahkan kehilangan.

Seberapa Penting Asuransi Mobil Rental?

Membeli asuransi mobil rental menjadi opsi terbaik bagi pemilik mobil. Berikut beberapa alasan yang melatarbelakanginya, antara lain:

Pemilik Mobil Tidak Leluasa Mengontrol

Menjalani usaha rental mobil, berarti Anda akan meminjamkan aset ke berbagai macam orang. Kita tidak tahu bagaimana sikap orang dengan mobil sewaan tersebut. Apakah pelanggan bisa disiplin atau tidak, itu diluar kendali Anda.

Oleh karena itu, besarnya risiko dan Anda tidak bisa mengontrol kondisi mobil tetap aman, perlu adanya asuransi.

Risiko diluar Kecerobohan Pengendara dan Penyewa

Ada risiko lain yang mengintai tidak hanya dari penyewa saja. Meskipun Anda sudah mencoba menyeleksi risiko kecelakaan maupun kerusakan. Bisa saja orang lain yang ceroboh akan merusak mobil Anda atau adanya bencana alam yang tidak bisa dihindarkan.

Anda memerlukan asuransi mobil all risk untuk melakukan perlindungan menyeluruh.

Premi Asuransi Lebih Rendah

Pada umumnya, premi tahunan yang ada pada asuransi mobil tidak sampai 5 persen dari harga mobil. Sehingga orang berpikir lebih baik memiliki asuransi daripada mengeluarkan biaya untuk reparasi. Hal ini tentunya akan menguntungkan pemilik premi.

Memilih Asuransi yang Tepat

Perhatikan beberapa hal mendasar sebelum memilih asuransi untuk usaha rental Anda, seperti:

Pilih Jenis Khusus Mobil Rental

Peruntukan asuransi mobil ada 2 peruntukan. Pertama, untuk mobil pribadi sedangkan satu lagi untuk mobil komersial. Mobil komersial yang dimaksud merupakan mobil untuk kegiatan usaha.

Tidak semua perusahaan asuransi memiliki klasifikasi ini. Sehingga Anda perlu menanyakan secara jelas kepada agen asuransi.

Memilih Tipe Pertanggungan yang Sesuai

Terdapat 2 jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu All Risk dan TLO. Keduanya memiliki perbedaan yang terletak pada pertanggungannya.

All risk akan menanggung semua kerugian pada mobil. Sedangkan untuk asuransi TLO hanya bisa melakukan klaim terhadap kehilangan atau kerusakan yang parah.

Pilihan asuransi mobil rental harus Anda cermati disesuaikan dengan risiko yang mungkin muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *